Sholat Tahajud Dan Sholat Malam lainnya

Sholat Malam

Selain sholat tahajud, ada banyak jenis sholat malam yang dapat kita kerjakan setiap hari. Dari mulai sholat witir sampai dengan sholat tasbih, semuanya bisa kita kerjakan sebagai ibadah sholat sunnah di malam hari.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sholat malam adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya sekedar dianjurkan, perintah untuk mengerjakan sholat malam bahkan juta turut disebutkan beberapa kali di dalam kitab suci Al-Qur’an.

Beberapa hadits dan ayat Al-Qur’an yang menjelaskan mengenai manfaat dan keutamaan mengerjakan sholat malam adalah sebagai berikut:

Meskipun ibadah sholat malam cenderung sangat dianjurkan, sampai saat ini masih banyak diantara umat muslim yang enggan mengerjakan ibadah sunnah yang satu ini. Bahkan, jika dihitung secara kuantitas, maka dapat dikatakan jika mayoritas umat muslim yang ada pada saat ini cenderung tidak mengerjakan sholat malam secara rutin.

Nah, berbicara mengenai sholat malam, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi mengenai macam – macam sholat malam dan manfaatnya. Langsung saja, berikut informasi lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Macam – Macam Sholat Malam dan Manfaatnya

Sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan ibadah sholat malam yang dikerjakan selepas sholat isya dan di sela – sela aktivitas tidur. Ibadah sholat ini hanya sah jika dikerjakan setelah tidur dan sebelum tidur Anda juga sudah mengerjakan sholat isya.

Untuk hitungan rakaatnya, sholat ini dapat dikerjakan minimal dua rakaat tanpa batasan rakaat maksimal.

Manfaat sholat tahajud adalah sebagai jalan untuk memohon peningkatan derajat hidup kepada Allah SWT. Hal ini sesuai dengan keterangan yang terdapat dalam Al-Qur’an Surah Al-Isra ayat 79, yang artinya:

Sholat Tasbih

Sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang di dalamnya turut dilengkapi dengan bacaan tasbih sebanyak 300 kali. Sholat ini pada dasarnya boleh dikerjakan kapan saja di luar waktu – waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat. Hanya saja, menurut pendapat beberapa Ulamah, waktu terbaik untuk mengerjakan sholat ini adalah di malam hari.

Sholat tasbih dikerjakan sebanyak 4 rakaat dengan satu salam jika dikerjakan di siang hari dan dua salam jika dikerjakan di malam hari.

Sholat Istikharah

Sama seperti halnya sholat Tasbih, sholat istikharah pada dasarnya juga bisa dikerjakan kapan saja. Hanya saja, menurut beberapa Ulamah, waktu terbaik untuk mengerjakan ibadah sholat ini adalah di dua pertiga malam terakhir.

Sholat ini dikerjakan sebanyak dua rakaat dan diniatkan untuk memantapkan hati selepas membuat keputusan atas dua pilihan yang sulit.

Sholat Tarawih

Sholat Tarawih merupakan ibadah sholat malam yang hanya boleh dikerjakan selama bulan Ramadhan saja.

Penjelasan mengenai jumlah rakaat sholat tarawih dapat dilihat pada hadits berikut:

Sholat Witir

Sholat witir merupakan ibadah sholat malam yang sangat dianjurkan (sunnah mu’akad). Di bulan Ramadhan, ibadah sholat ini biasanya dikerjakan sebagai penutup ibadah sholat Tarawih.

Untuk hitungan rakaatnya sendiri, sholat witir biasanya dikerjakan dalam hitungan rakaat yang ganjil, yaitu 3, 5, 7, dan 11 rakaat.

Secara keseluruhan, manfaat sholat witir tidak jauh berbeda dengan manfaat sholat Tahajud, yaitu sebagai sarana untuk mengharap ampunan dosa yang telah lalu ke pada Allah SWT.

Itulah beberapa jenis ibadah sholat malam yang dapat Anda kerjakan setiap malam. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *