Faktor Apa Yang Menghambat Kehamilan

Mengetahui hal yang menghambat kehamilan tidak hanya perlu diketahui oleh seorang wanita saja melainkan juga perlu diketahui oleh pria, hal ini dikarenakan kesuburan diperlukan bagi keduanya, tidak hanya salah satunya saja dan juga wajib mengetahui apa saja yang bisa menghambat kehamilan sang istri untuk seorang suami sehingga bisa membantu dan saling mengingatkan satu sama lain.

Dari segi obat-obatan, berbeda dengan seorang wanita. Pria juga memiliki beberapa kriteria obat-obatan yang bisa menyebabkan tidak terjadinya kehamilan atau menurunkan kualitas kesuburan laki-laki. Nah, untuk mempercepat kehamilan maka ada baiknya untuk menghindari obat-obatan tersebut.

Macam Obat yang dapat Menurunkan Kesuburan Pria

  1. Jenis obat yang pertama adalah jenis obat steroid, sama halnya dengan pengaruhnya terhadap wanita, steroid juga mempengaruhi kesuburan seorang pria bahkan sampai bisa menyebabkan jumlah sperma nya menurun.
  2. Jenis yang selanjutnya adalah jenis terapi testosteron. Untuk seorang pria yang biasanya mencoba terapi penggantian testosteron bagi kadar testosteron yang lebih rendah bisa jadi tidak akan memproduksi sperm.
  3. Jenis obat anti hipertensi yang lebih sering digunakan untuk mengontrol tekanan darah. Efeknya bisa menyebabkan disfungsi ereksi atau biasa kita kenal dengan sebutan impotensi seperti beta-blocker dan diuretik.
  4. Jenis Obat Sulfasalazine, seperti halnya ulcerative colitis dan rheumatoid arthritis yang biasanya digunakan untuk mengobati peradangan atau inflamasi. Jenis obat ini juga dapat menurunkan jumlah sperma yang kemudian akan normal kembali setelah pemakaian obat dihentikan
  5. Jenis pengobatan yang terakhir adalah pengobatan kanker. seperti kemoterapi dan terapi radiasi, jika pada wanita berpengaruh pada ovulasi begitu pula pada seorang pria, pengobatan kanker ini bisa mempengaruhi kualitas sperma dengan cara merusak sel sperma atau bahkan kemampuan seorang pria untuk memproduksi sperma.

Pengaruh dari jenis pengobatan besar tidaknya terhadap kesuburan anda adalah tergantung dari jenis obat yang anda konsumsi karena dari sekian obat yang sudah disebutkan adalah memiliki pengaruh dan waktu yang berbeda. Pengaruh obat-obatan tersebut terhadap tubuh atau lebih tepatnya kesuburan bisa saja hilang dalam waktu beberapa hari saja atau beberapa bulan, tentu setelah anda berhenti mengkonsumsinya. Jadi jika anda dan pasangan merencakan kehamilan seyogyanya tidak mengkonsumsi atau melakukan hal-hal yang sudah disebutkan diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *